Rabu, 06 Juni 2012

Rpp sma berkarakter"teori atom rutherford"

Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)

Satuan pendidikan      : SMA
Mata pelajaran           : Fisika
Kelas/Semester           : XII/2
Jurusan                       :IPA
Alokasi waktu             :1x15 Menit


A.Standar Kompetensi
Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas einsten  dalam Einstein dalam paradigma fisika modern
B.Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perkembangan teori atom
C.Indikator
v  Kognitif:
Produk:
·         Mendeskripsikan model atom Rutherford
·         Menentukan energi kinetik,energi potensial,dan energi total elektron yang bergerak
v  Afektif:
Karakter:
·          Menimbulkan sikap aktif dalam pembelajaran


v  Keterampilan sosial
·         Menimbulkan sikap Mengajukan pertanyaan


D.Tujuan pembelajaran
v  Kognitif:
Produk:
·         Diperlihatkan gambar,siswa dapat menyebutkan teori  model atom Rutherford dengan benar
·         Berdasarkan persamaan energi kinetik dan energi potensial elektron bergerak,siswa dapat menetukan persamaan energi total elektron yang bergerak dengan tepat
·         Berdasarkan persamaan energi total elektron bergerak,siswa dapat menyebutkan satuan dari energi total elektron yang bergerak dengan benar
·         Diberikan persamaan energi total elektron bergerak,siswa dapat menyebutkan hubungan antara energi total dan jari-jari elektron dengan tepat
·         Diberi soal,siswa dapat menentukan jari-jari elektron bergerak pada model atom Rutherford dengan benar

v  Afektif:
Karakter:
·         Saat pembelajaran berlangsung,siswa dituntut untuk meningkatkan kemajuan dalam hal sikap aktif
Keterampilan sosial:
·         Saat pembelajaran berlangsung,siswa dituntut untuk meningkatkan kemajuan dalam hal mengajukan pertanyaan









E.Materi Pembelajaran
BAB 7:Fisika Atom
7.1. Perkembangan Teori Atom
7.1 a.Teori Atom Rutherford
A.Model atom Rutherford
                                                                                                    v








 
Flowchart: Connector: ==ze                                                                                                            F


 
                                    Inti atom                                       +e
         Jari-jari (r)
Menurut Rutherford:
1.      Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan listrik positif
2.      Elektron bermuatan listrik negatif beredar mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu
3.      Atom secara keseluruhan bersifat netral,jumblah muatan positif inti sama dengan jumblah muatan elektron-elektronnya

Yang menyebabkan elektron tetap pada orbitnya yaitu inti atom dan elektron terjadi gaya tarik-menarik,gaya tarik-manarik ini menimbulkan gaya sentripetal
B.Energi total elektron yang bergerak

                                            F
                                                 v
                                            
                                                      m elektron
 





                                                +e

Apabila massa elektron m,muatan elektron sama dengan muatan mengelilingi inti sama dengan muatan elementer e,elektron bergerak mengeliling inti dengan jari-jari lintasan r dan kecepatan linear v,maka gaya tarik-menarik antara inti dan elektron adalah:


F = k.  …………1       gaya sentripetal pada elektron sebesar
 F= ……….2
jadi ,  = k.…………..3
Maka mv2 = k. ……………………4
Ek elektron =  mv2..................5
subtitusi pers.4 ke pers.5,maka:
Ek =(k.)
Atau Ek = k.
Energi potensial  elektron yang bermuatan –e pada jarak r dari inti adalah:

Ep = -k.
Maka energi totalnya adalah:

E= Ek+Ep
E= k. +(-k.)
E= k.( -)
E= -k.
Satuan dari energi total adalah
E= Nm2c-2.
E=Nm atau sama dengan joule
E = nilai (-),karena elektron masih terikat inti atom
Dari persamaan E= -k. ,maka semakin besar energi totalnya maka jari-jari elektron yang bergerak semakin kecil








Contoh soal:

Tentukanlah energi total elektron yang bergerak pada orbit pertama di dalam atom hidrogen jika jari-jari orbit pertama 0,53Amstrong dan e=1,6x 10-9c……..?
Jawab:
Dik: e=1,6x 10-9c
        r= 0,53 amstrong
         =5,3 x 10 -7 m          
Dit: E total………..?
Peny:
E Total: -k.
E Total: :-9x109.        
E Total:-2,17 x 10-18 joule








Soal latihan:
Sebuah atom hidrogen memiliki energi total sebesar -3,18 x 10-12 joule yang bergerak mengelilingi inti atom pada orbit pertama,jika diketahui muatan atom sebesar 1,6 x 10 -9 c berapakah jari-jari orbit pertama?
Jawab:
Dik: E = -3,18 x 10-12 joule
            e = 1,6 x 10 -9 c
   Dit: r =…………..?

E Total: -k.
-3,18 x 10-12 : -9x109.
-3,18 x 10-12: -9x109.
-3,18 x 10-12: -.
   2r:
   2r: 7232,70
     r:
     r: 3616,35 m







F.Metode dan Model pembelajaran

v  Metode: ceramah dan Tanya jawab
v  Model  : Direct instruction
G.Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan
Uraian materi
Waktu
Kegiatan awal
·         Memberikan motivasi:jika kapur di potong terus-menerus sampai menjadi butiran kecil,masih dapatkah kamu memperkecil butiran-butiran kapur?dan adakah batas bagian terkecil butir-butir kapur tersebut?
·         Apersepsi(pengetahuan awal):sebutkan persamaan hokum coulomb?
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran






3 menit
Kegiatan inti
·         Menggambarkan model atom Rutherford untuk menuntun siswa menyebutkan teori atom Rutherford
·         Mendeskripsikan persamaan energi kinetik elektron yang bergerak pada model atom Rutherford
·         Memberikan informasi tentang persamaan energi potensial elektron yang bergerak pada model atom Rutherford
·         Menuntun siswa untuk menentukan persamaan energi total berdasarkan energi kinetik dan energi potensial elektron bergerak pada model atom Rutherford
·         Menuntun siswa untuk menentukan satuan dari energi total,berdasarkan persamaan
·         Menyuruh siswa untuk menyebutkan hubungan antara energi total dengan jari-jari elektron bergerak berdasarkan persamaan
·         Memberikan contoh soal tentang energi total elektron yang bergerak pada model atom Rutherford
·         Memberikan satu soal  latihan menentukan jari-iari elektron yang bergerak pada model atom Ruherford  untuk di kerjakan
·         Mengecek apakah pekerjaannya sudah betul semua
·         Bertanya kepada siswa apakah penjelasan yang diberikan sudah dimengerti












9 menit
Kegiatan akhir
·         Menanyakan kembali kepada siswa tentang materi yang telah dijelaskan untuk mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran
·         Membimbing untuk menarik kesimpulan dari materi yang telah diajarkan
·         Memberikan tugas lanjutan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
·         Mengingatkan untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu teori atom niels bohr
·         Mengakhiri pertemuan





         3 menit
H.Sumber belajar
v  Buku fisika SMA/MA kelas 3B,widya utama hal.157-159
v  Siswa

I.Penilaian
Penilaian Kognitif

No
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen butir soal
1
·         Mendeskripsikan model atom Rutherford

·         Menentukan energi kinetik,energi potensial,dan energi total elektron yang bergerak

·         Menyelidiki hubungan antara energi total dengan jari-jari electron yang bergerak



Tes tertulis


Tes tertulis





Uraian


Essai
Lampiran ,butir soal no.1

Lampiran,butir soal no.2



Lembar,butir soal no.3




No
Instrumen soal
Skor
1
Sebutkanlah teori model atom menurut Rutherford?
Jawab:
Menurut Rutherford:
1.      Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan listrik positif
2.      Elektron bermuatan listrik negatif beredar mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu
3.      Atom secara keseluruhan bersifat netral,jumblah muatan positif inti sama dengan jumblah muatan elektron-elektronnya






20
2

Sebuah atom hidrogen memiliki energi total sebesar -3,18 x 10-12 joule yang bergerak mengelilingi inti atom pada orbit pertama,jika diketahui muatan atom sebesar 1,6 x 10 -9 c berapakah jari-jari orbit pertama?
Jawab:
Dik: E = -3,18 x 10-12 joule
            e = 1,6 x 10 -9 c
   Dit: r =…………..?

E Total: -k.
-3,18 x 10-12 : -9x109.
-3,18 x 10-12: -9x109.
-3,18 x 10-12: -.
   2r:
   2r: 7232,70
     r:
     r: 3616,35 m












60
3
Dari persamaan berikut ini
E= -k.
Jelaskanlah hubungan antara energi total dengan jari-jari elektron bergerak?
Jawab:
Energi total berbanding terbalik dengan jari-jari elektron,artinya semakin besar energi totalnya maka jari-jari elektron akan semakin kecil




20

Skor
100

    




      Penilaian Afektif

v  Karakter

Indikator: Keaktifan dalam kelas

No
Rubrik penilaian
Skor
1
·         Sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran
·          Aktif dalam mengikuti proses    pembelajaran
·          Kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran
·         Tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran


4

3

2

1

Lembar penilaian


No

Nama siswa

Sikap yang dinilai
Keaktifan
1          2            3           4
1


2


3


4


5



v  Keterampilan sosial

Indikator:Mengajukan pertanyaan         

No
Rubrik penilaian
Skor
1
·         Sangat rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran
·         Rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran
·         Kurang rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran
·         Tidak rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran



4


3


2


1



Lembar penilaian

No
Nama siswa
Sikap yang dinilai
Mengajukan pertanyaan
1             2               3     4
1


2


3


4


5






                                                                                            







RPP FISIKA BERKARAKTER
FISIKA ATOM


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigGS3LiWSOnrRukIgTLJsd-tgAatYlvlaXTsHnGpgH3a9Ww9S1Ww4A5gvZgGxkRUf11SMxzk5182QTmZ1rRcDQ4EfZB9JMUeGoG0qsNbhfXQcmdNq2EEVBGlz6gSeZJKk0RcdkCNKDg0rY/s150/unismuh-logo+copy.png
Nama:Muh Ikram Ramadhan
       Nim:10539056709


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
2012

2 komentar:

  1. perbanyak lagi postingannya donk...........

    BalasHapus
  2. info dalam blog ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah. thanks... semoga banyak yang berkunjung ke blog ini. amien

    BalasHapus