Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/2
Jurusan :IPA
Alokasi waktu :1x15 Menit
A.Standar Kompetensi
Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas einsten dalam Einstein dalam paradigma fisika modern
B.Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perkembangan teori atom
C.Indikator
v Kognitif:
Produk:
· Mendeskripsikan model atom Rutherford
· Menentukan energi kinetik,energi potensial,dan energi total elektron yang bergerak
v Afektif:
Karakter:
· Menimbulkan sikap aktif dalam pembelajaran
v Keterampilan sosial
· Menimbulkan sikap Mengajukan pertanyaan
D.Tujuan pembelajaran
v Kognitif:
Produk:
· Diperlihatkan gambar,siswa dapat menyebutkan teori model atom Rutherford dengan benar
· Berdasarkan persamaan energi kinetik dan energi potensial elektron bergerak,siswa dapat menetukan persamaan energi total elektron yang bergerak dengan tepat
· Berdasarkan persamaan energi total elektron bergerak,siswa dapat menyebutkan satuan dari energi total elektron yang bergerak dengan benar
· Diberikan persamaan energi total elektron bergerak,siswa dapat menyebutkan hubungan antara energi total dan jari-jari elektron dengan tepat
· Diberi soal,siswa dapat menentukan jari-jari elektron bergerak pada model atom Rutherford dengan benar
v Afektif:
Karakter:
· Saat pembelajaran berlangsung,siswa dituntut untuk meningkatkan kemajuan dalam hal sikap aktif
Keterampilan sosial:
· Saat pembelajaran berlangsung,siswa dituntut untuk meningkatkan kemajuan dalam hal mengajukan pertanyaan
E.Materi Pembelajaran
BAB 7:Fisika Atom
7.1. Perkembangan Teori Atom
7.1 a.Teori Atom Rutherford
A.Model atom Rutherford
v
e F
Inti atom +e
Jari-jari (r)
Menurut Rutherford:
1. Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan listrik positif
2. Elektron bermuatan listrik negatif beredar mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu
3. Atom secara keseluruhan bersifat netral,jumblah muatan positif inti sama dengan jumblah muatan elektron-elektronnya
Yang menyebabkan elektron tetap pada orbitnya yaitu inti atom dan elektron terjadi gaya tarik-menarik,gaya tarik-manarik ini menimbulkan gaya sentripetal
B.Energi total elektron yang bergerak
F
v
m elektron
+e
Apabila massa elektron m,muatan elektron sama dengan muatan mengelilingi inti sama dengan muatan elementer e,elektron bergerak mengeliling inti dengan jari-jari lintasan r dan kecepatan linear v,maka gaya tarik-menarik antara inti dan elektron adalah:
F = k. …………1 gaya sentripetal pada elektron sebesar
F= ……….2
jadi , = k.…………..3
Maka mv2 = k. ……………………4
Ek elektron = mv2..................5
subtitusi pers.4 ke pers.5,maka:
Ek =(k.)
Atau Ek = k.
Energi potensial elektron yang bermuatan –e pada jarak r dari inti adalah:
Ep = -k.
Maka energi totalnya adalah:
E= Ek+Ep
E= k. +(-k.)
E= k.( -)
E= -k.
Satuan dari energi total adalah
E= Nm2c-2.
E=Nm atau sama dengan joule
E = nilai (-),karena elektron masih terikat inti atom
Dari persamaan E= -k. ,maka semakin besar energi totalnya maka jari-jari elektron yang bergerak semakin kecil
Contoh soal:
Tentukanlah energi total elektron yang bergerak pada orbit pertama di dalam atom hidrogen jika jari-jari orbit pertama 0,53Amstrong dan e=1,6x 10-9c……..?
Jawab:
Dik: e=1,6x 10-9c
r= 0,53 amstrong
=5,3 x 10 -7 m
Dit: E total………..?
Peny:
E Total: -k.
E Total: :-9x109.
E Total:-2,17 x 10-18 joule
Soal latihan:
Sebuah atom hidrogen memiliki energi total sebesar -3,18 x 10-12 joule yang bergerak mengelilingi inti atom pada orbit pertama,jika diketahui muatan atom sebesar 1,6 x 10 -9 c berapakah jari-jari orbit pertama?
Jawab:
Dik: E = -3,18 x 10-12 joule
e = 1,6 x 10 -9 c
Dit: r =…………..?
E Total: -k.
-3,18 x 10-12 : -9x109.
-3,18 x 10-12: -9x109.
-3,18 x 10-12: -.
2r:
2r: 7232,70
r:
r: 3616,35 m
F.Metode dan Model pembelajaran
v Metode: ceramah dan Tanya jawab
v Model : Direct instruction
G.Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan | Uraian materi | Waktu |
Kegiatan awal | · Memberikan motivasi:jika kapur di potong terus-menerus sampai menjadi butiran kecil,masih dapatkah kamu memperkecil butiran-butiran kapur?dan adakah batas bagian terkecil butir-butir kapur tersebut? · Apersepsi(pengetahuan awal):sebutkan persamaan hokum coulomb? · Menyampaikan tujuan pembelajaran | 3 menit |
Kegiatan inti | · Menggambarkan model atom Rutherford untuk menuntun siswa menyebutkan teori atom Rutherford · Mendeskripsikan persamaan energi kinetik elektron yang bergerak pada model atom Rutherford · Memberikan informasi tentang persamaan energi potensial elektron yang bergerak pada model atom Rutherford · Menuntun siswa untuk menentukan persamaan energi total berdasarkan energi kinetik dan energi potensial elektron bergerak pada model atom Rutherford · Menuntun siswa untuk menentukan satuan dari energi total,berdasarkan persamaan · Menyuruh siswa untuk menyebutkan hubungan antara energi total dengan jari-jari elektron bergerak berdasarkan persamaan · Memberikan contoh soal tentang energi total elektron yang bergerak pada model atom Rutherford · Memberikan satu soal latihan menentukan jari-iari elektron yang bergerak pada model atom Ruherford untuk di kerjakan · Mengecek apakah pekerjaannya sudah betul semua · Bertanya kepada siswa apakah penjelasan yang diberikan sudah dimengerti | 9 menit |
Kegiatan akhir | · Menanyakan kembali kepada siswa tentang materi yang telah dijelaskan untuk mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran · Membimbing untuk menarik kesimpulan dari materi yang telah diajarkan · Memberikan tugas lanjutan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah · Mengingatkan untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu teori atom niels bohr · Mengakhiri pertemuan | 3 menit |
H.Sumber belajar
v Buku fisika SMA/MA kelas 3B,widya utama hal.157-159
v Siswa
I.Penilaian
Penilaian Kognitif
No | Indikator pencapaian kompetensi | Tehnik penilaian | Bentuk instrumen | Instrumen butir soal |
1 | · Mendeskripsikan model atom Rutherford · Menentukan energi kinetik,energi potensial,dan energi total elektron yang bergerak · Menyelidiki hubungan antara energi total dengan jari-jari electron yang bergerak | Tes tertulis Tes tertulis | Uraian Essai | Lampiran ,butir soal no.1 Lampiran,butir soal no.2 Lembar,butir soal no.3 |
No | Instrumen soal | Skor |
1 | Sebutkanlah teori model atom menurut Rutherford? Jawab: Menurut Rutherford: 1. Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan listrik positif 2. Elektron bermuatan listrik negatif beredar mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu 3. Atom secara keseluruhan bersifat netral,jumblah muatan positif inti sama dengan jumblah muatan elektron-elektronnya | 20 |
2 | Sebuah atom hidrogen memiliki energi total sebesar -3,18 x 10-12 joule yang bergerak mengelilingi inti atom pada orbit pertama,jika diketahui muatan atom sebesar 1,6 x 10 -9 c berapakah jari-jari orbit pertama? Jawab: Dik: E = -3,18 x 10-12 joule e = 1,6 x 10 -9 c Dit: r =…………..? E Total: -k. -3,18 x 10-12 : -9x109. -3,18 x 10-12: -9x109. -3,18 x 10-12: -. 2r: 2r: 7232,70 r: r: 3616,35 m | 60 |
3 | Dari persamaan berikut ini E= -k. Jelaskanlah hubungan antara energi total dengan jari-jari elektron bergerak? Jawab: Energi total berbanding terbalik dengan jari-jari elektron,artinya semakin besar energi totalnya maka jari-jari elektron akan semakin kecil | 20 |
Skor | 100 |
Penilaian Afektif
v Karakter
Indikator: Keaktifan dalam kelas
No | Rubrik penilaian | Skor |
1 | · Sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran · Aktif dalam mengikuti proses pembelajaran · Kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran · Tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran | 4 3 2 1 |
Lembar penilaian
No | Nama siswa | Sikap yang dinilai Keaktifan 1 2 3 4 |
1 | ||
2 | ||
3 | ||
4 | ||
5 |
v Keterampilan sosial
Indikator:Mengajukan pertanyaan
No | Rubrik penilaian | Skor |
1 | · Sangat rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran · Rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran · Kurang rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran · Tidak rajin mengajukan pertanyaan saat kegiatan pembelajaran | 4 3 2 1 |
Lembar penilaian
No | Nama siswa | Sikap yang dinilai Mengajukan pertanyaan 1 2 3 4 |
1 | ||
2 | ||
3 | ||
4 | ||
5 |
RPP FISIKA BERKARAKTER
FISIKA ATOM
Nama:Muh Ikram Ramadhan
Nim:10539056709
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
2012
perbanyak lagi postingannya donk...........
BalasHapusinfo dalam blog ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah. thanks... semoga banyak yang berkunjung ke blog ini. amien
BalasHapus