TUGAS III
TELAAH KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dengan indicator yang tepat.
NAMA : DAHLIA CANDRA DEWI
NIM : 10539 0579 09
KELAS : FISIKA VB
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
I. MENGIDENTIFIKASI KARAKTER BERDASARKAN MATERI KD
1. Nilai Karakter dalam berhubungan dengan Tuhan
NO | JENIS KARAKTER | ALASAN | MATERI |
Religius | Agar peserta didik dapat lebih mensyukuri ciptaan Allah dan keteraturan alam dengan menjadikan materi fisika sebagai medianya. | Manfaat dari larutan asam, larutan garam, dan larutan basa. Pada materi tersebut, peserta didik diharapkan dapat lebih bersyukur kepada Allah SWT. |
2. Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri
NO | JENIS KARAKTER | ALASAN | MATERI |
1 | Disiplin | Dalam kegiatan proses belajar mengajar peserta didik harus disiplin agar prose belajar mengajar dapat berjalan lancar dan materi ajar dapat dipahami dengan baik. | Kegiatan percobaan sederhana bahan- bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari- hari. Serta pengelompokan senyawa asam, senyawa basa dan senyawa garam. |
2 | Kerja keras | Dalam materi ini terdapat kegiatan percobaan yang memerlukan kerja keras peserta didik agar memperoleh data hasil percobaan yang akurat. | Dalam kegiatan percobaan dengan judul percobaan yakni, Identifikasi Larutan Asam, Basa, dan Garam dengan Menggunakan Indikator Alami |
3 | Bertanggung jawab | Dalam materi ini terdapat kegiatan percobaan yang mengharuskan peserta didik mampu mempertanggungjawabkan hasil percobaan yang dilakukan. | Kegiatan percobaan sederhana bahan- bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari- hari. Serta pengelompokan senyawa asam, senyawa basa dan senyawa garam. |
4 | Jujur | Karena dalam materi ini terdapat kegiatan percobaan yang mengharuskan peserta didik jujur dalam pengambilan data, menarik kesimpulan, dll. | Kegiatan percobaan sederhana dengan bahan- bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari- hari. |
5 | Ingin tahu | Dengan keingintahuan yang tinggi, peserta didik tertarik untuk mengikuti kegiatan proses belajar mengajar dan lebih cepat memahami materi yang diajarkan oleh tenaga pendidik. | Pengelompokan larutan asam, larutan basa, dan larutan garam. Serta pengertian masing- masing jenis larutan tersebut |
3. Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama
NO | JENIS KARAKTER | ALASAN | MATERI |
1 | Patuh pada aturan-aturan sosial | Agar dalam proses belajar mengajar, peserta didik mampu mematuhi aturan- aturan social yang berkenaan dengan masyarakat dan kepentingan umum. Atau dengan kata lain melaksanakan kegiatan pembelajaran tnpa merugikan atau mengganggu masyarakat sekitar. | Dalam kegiatan percobaan sederhana dengan bahan- bahan sederhana yang telah diperoleh masing- masing anggota kelompok |
2 | Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain | Agar peserta didik mampu melaksanakan apa yang menjadi hak/ miliknya, misalnya dalam pemberian tugas, peserta didik mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. | Dalam kegiatan percobaan dengan bahan- bahan yang telah diperoleh. Setiap anggota dalm kelompok mampu mengerjakan tugas masing- masing anggota yang telah dibagikan |
3 | Menghargai karya dan prestasi orang lain | Agar peserta didik mampu menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, serta mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain. | Pada saat masing- masing kelompok mempresentasikan hasil percobaan yang telah dilakukan |
4. Nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungannya
NO | JENIS KARAKTER | ALASAN | MATERI |
Cinta alam sekitar | Pembelajaran Fisika tidak pernah lepas dari pembahasan mengenai alam. Maka dari itu, peserta didik mampu menjadikan alam sekitar sebagai objek pembelajaran tanpa merusaknya. | Pada kegiatan percobaan sederhana dengan bahan- bahan yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari- hari |
5. Nilai kebangsaan
NO | JENIS KARAKTER | ALASAN | MATERI |
Menghargai keberagaman | Dalam proses pembelajaran terkadang muncul perbedaan pendapat, sifat, karakter, dsb antar peserta didik.dengan menghargai keberagaman, proses penerimaan materi akan berjalan dengan lancar karena peserta didik mampu menerima perbedaan, baik antar peserta didik maupun pada tenaga pendidik. | Dalam mempresentasikan hasil percobaan yang telah dilakukan peserta didik harus menghargai keberagaman |
II. MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN SOSIAL BERDASARKAN MATERI KD
1. Keterampilan sosial tingkat awal
NO | JENIS KET. SOSIAL | ALASAN | MATERI |
1 | Mendorong berpartisipasi semua anggota kelompok | Agar semua anggota kelompok dapat memahami percobaan yang dilakukan, di samping itu percobaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
2 | Mengambil giliran dan berbagi tugas | Agar peserta didik dapat melakukan percobaan dengan baik. | Dalam melakukan percobaan sederhana |
3 | Tetap berada dalm kelompok kerja selama kegiatan berlangsung | Agar peserta didik mampu melakukan percobaan dengan baik tanpa mengganggu kelompok yang lain. | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
4 | Menggunakan kesepakatan | Karena dalam penarikan kesimpulan percobaan diperlukan kesepakatan antar anggota kelompok | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
2. Keterampilan sosial tingkat menengah
NO | JENIS KET. SOSIAL | ALASAN | MATERI |
1 | Menerima tanggung jawab | Agar semua anggota kelompok mampu mempertanggungjawabkan data hasil yang diperoleh. | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
2 | Mengatur dan mengorganisasi | Agar semua anggota kelompok dapat memahami percobaan yang dilakukan, di samping itu percobaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
3 | Membuat ringkasan | Agar peserta didik terampil dalam menemukan ide dan konsep. Dan mampu memahami inti- inti dari percobaan yang telah dilakukan. | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
4 | Mendengarkan dengan aktif | Agar peserta didik mampu memahami materi yang diajarkan oleh tenaga pendidik. Atau dapat melakukan percobaan dengan baik. | Pengertian asam, basa dan garam. Dan pada saat tenaga pendidik memberikan intruksi pada prapercobaan. |
3. Keterampilan sosial tingkat mahir
NO | JENIS KET. SOSIAL | ALASAN | MATERI |
1 | Mendorong berpartisipasi setiap anggota kelompok | Agar semua anggota kelompok dapat memahami percobaan yang dilakukan, di samping itu percobaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. | Mengelompokan asam, basa dan garam. |
2 | mengelaborasi | memperluas konsep, membuat kesimpulan dan menghubungkan pendapat-pendapat dengan topik tertentu | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
3 | Menetapkan tujuan- tujuan dan prioritas | Agar peserta didik mengetahui tujuan apa yang harus dicapai dalam melakukan percobaan. | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
4 | Memeriksa dengan cermat setiap ide/ konsep yang dibahas | Agar data hasil percobaan yang diperoleh akurat. | Dalam melakukan percobaan sederhana dengan judul percobaan yakni identifikasi larutan asam, basa dan garam. |
III. MENYUSUN KEGIATAN KINERJA BERDASARKAN MATERI KD
1. Judul :Identifikasi larutan asam, larutan basa dan larutan garam dengan menggunakan indikator alami.
2. Rumusan Masalah :
3. Hipotesis : (jika ada)
4. Variabel : (jika ada)
a. Variabel bebas :…..
b. Variabel terikat :
5. Perencanaan Eksperimen : (jika ada)
Alat dan bahan : 1. Lumpang dan alu 7. Air kapur
2. Corong 8. Air suling
3. Tabung reaksi 9. Larutan NaOH
4. Pipet tetes 10. Larutan HCl
5. Gelas ukur 11. Larutan garam dapur
6. Bunga berwarna atau bahan alam 12. Larutan cuka
6. Langkah-Langkah Kegiatan
a. Siapkan bermacam-macam bunga berwarna atau bahan alam (misalnya bunga sepatu,Bunga mawar, kunyit, bougenvile, dan bunga kana)
b. Siapkan lumpang dan alu.
c. Tumbuklah bahan-bahan tersebut dengan menggerusnya dan tambahkan air ± 5 ml. Kemudian, amati indikator warnanya.
d. Siapkan 5 tabung reaksi yang berisi larutan yang akan diuji
e. Masukkan masing-masing 1 ml ekstrak ke dalam 5 tabung reaksi.
f. Masukkan masing-masing 5 tetes larutan cuka ke dalam tabung reaksi 1, larutan natrium klorida ke dalam tabung 2, dan larutan natrium hidroksida ke dalam tabung 3. Amati perubahan warna indikator dalam larutan.
g. Lakukan dengan cara yang sama untuk ektrak bahan lain dan dalam larutan lainnya.
h. Catat perubahan warna indikator alami tersebut ke dalam table
i. Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan, kemudian diskusikan dengan teman satu kelompok
7. Pengamatan :
No. | Indikator alami | Warna indikator mula- mula | Warna indikator dalam larutan | ||
Asam cuka | Garam | NaOH | |||
1 | Bunga sepatu | ||||
2 | kunyit | ||||
3 | Bunga kana | ||||
4 | Bunga mawar | ||||
5 | Bunga bougenvile |
8. Analisis :
9. Kesimpulan :
Penjelasan
1) Judul :identifikasi larutan asam, larutan basa, dan larutan garam dengan menggunakan indikator alami.
2) Rumusan Masalah : (jika ada)
3) Hipotesis :
4) Perencanaan Eksperimen :
5) Alat dan bahan : 1. Lumpang dan alu 7. Air kapur
2. Corong 8. Air suling
3. Tabung reaksi 9. Larutan NaOH
4. Pipet tetes 10. Larutan HCl
5. Gelas ukur 11. Larutan garam dapur
6. Bunga berwarna atau bahan alam 12. Larutan cuka
6) Langkah-Langkah Kegiatan :
· Siapkan bermacam-macam bunga berwarna atau bahan alam (misalnya bunga sepatu,Bunga mawar, kunyit, bougenvile, dan bunga kana)
· Siapkan lumpang dan alu.
· Tumbuklah bahan-bahan tersebut dengan menggerusnya dan tambahkan air ± 5 ml. Kemudian, amati indikator warnanya.
· Siapkan 5 tabung reaksi yang berisi larutan yang akan diuji
· Masukkan masing-masing 1 ml ekstrak ke dalam 5 tabung reaksi.
· Masukkan masing-masing 5 tetes larutan cuka ke dalam tabung reaksi 1, larutan natrium klorida ke dalam tabung 2, dan larutan natrium hidroksida ke dalam tabung 3. Amati perubahan warna indikator dalam larutan.
· Lakukan dengan cara yang sama untuk ektrak bahan lain dan dalam larutan lainnya.
· Catat perubahan warna indikator alami tersebut ke dalam table
· Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan, kemudian diskusikan dengan teman satu kelompok
7) Pengamatan :
No. | Indikator alami | Warna indikator mula- mula | Warna indikator dalam larutan | ||
Asam cuka | Garam | NaOH | |||
1 | Bunga sepatu | ||||
2 | kunyit | ||||
3 | Bunga kana | ||||
4 | Bunga mawar | ||||
5 | Bunga bougenvile |
8) Kesimpulan :
postingannya keren-keren semua...........
BalasHapus